Tuesday, February 18, 2014

Facebook Bisa Deteksi Penggunanya Jatuh Cinta

San Francisco - Tak hanya sebagai jejaring sosial dan media komunikasi, Facebook juga dapat mendeteksi kapan penggunanya jatuh cinta.

Sejumlah ilmuwan yang dipekerjakan oleh Facebook mengungkap fakta, hubungan asmara pengguna bisa terdeteksi sebelum mereka menuju ke tahapan 'pacaran'.
Menurut para ilmuwan itu, Facebook mampu menganalisa data yang ada melalui sebuah algoritma khusus.

Riset yang hasilnya sudah dipublikasikan di blog resmi Facebook itu menyebutkan, saat dua pengguna mulai menunjukkan indikasi saling tertarik, Facebook mendapati jika posting mereka di timeline meningkat.
Mereka pun saling memberi 'Like', saling berkomentar, saling melakukan tag foto atau gambar, dan berbagai aktivitas terkait lainnya.

Puncaknya, saat keduanya akan mengubah status di profil masing-masing yang mulanya 'single' menjadi 'in relationship'. Pasca status itu berubah, aktivitas di timeline pun kembali menurun.

Ketika rasa cinta kedua pengguna tumbuh, Facebook mencatat peningkatan posting hingga rata-rata 1,67 postingan per 12 hari sebelum hubungan dimulai. Sedangkan tingkat posting terendah yakni 1,53 postingan per 85 hari setelah hubungan resmi terjalin.

Hal ini kemungkinan bisa saja setelah resmi berpacaran kedua pengguna itu lebih sering menghabiskan waktu bersama sehingga tak merasa perlu lagi berkomunikasi melalui Facebook.

Meskipun jarang beraktivitas di Facebook, namun ada ciri khusus lain yang terlihat dari timeline masing-masing. Mereka kini lebih sering menuliskan status yang lebih bahagia dan bernada gembira.

Hasil lengkap dari riset tim ilmuwan Facebook ini bisa Anda baca secara lengkap di tautan ini.

No comments:

Post a Comment