KARYA ILMIAH
LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI (IPTEK)
PELUANG BISNIS DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI (IPTEK)
UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR
MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
OLEH :
NAMA :
IKHWAN ARDIANTO
NOMOR :
13.11.7459
PROGRAM :
STRATA – 1
KELAS : 13
S1TI-10
JURUSAN :
TI
KELOMPOK :
J
ALAMAT BLOG : IT-LOMBOK.BLOGSPOT.COM
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan rahmatNya sehingga penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Peluang Bisnis Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Informasi (Iptek)” yang dimana karya ilmiah ini penulis gunakan sebagai tugas akhir mata kuliah Lingkungan Bisnis di STMIK Amikom Yogyakarta. Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa, penulis tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik penulisan maupun tata bahasa. Tetapi walaupun demikian penulis berusaha sebisa mungkin menyelesaikan karya ilmiahmeskipun tersusun sangat sederhana.
Penulis
menyadari tanpa kerja sama antara beberapa kerabat yang memberi berbagai
masukan yang bermanfaat bagi penulis demi tersusunnya karya tulis ilmiah ini.
Untuk itu penulis mengucapakan terima kasih kepada pihak yang tersebut diatas
yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan arahan dan saran demi
kelancaran penyusunan karya ilmiah ini. Demikian semoga karya tulis ini dapat
bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan saran
serta kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun.
Yogyakarta, 27 Februari 2014
BAB I
PENDAHULUAN
A. Abstrak
Seiring
dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan
permasalahan di berbagai bidang. Namun, melalui perkembangan ilmu pengetahuan
dan Teknologi juga mempengaruhi berbagai aspek bisnis. Dengan melihat dan
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, Kita juga bisa
membentuk suatu pola pengembangan terkait dengan peluang bisnis. Saat ini di
Indonesia banyak jenis bisnis yang memiliki potensi dan peluang yang sangat
besar untuk maju, itu dikarenakan terjadinya pembentukan pola pengembangan
bisnis yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi.
B. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan ini adalah
sebagai berikut:
1. Tujuan Umum
Memperoleh gambaran dalam membangun suatu peluang Bisnis dengan memperhatikan
perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi.
2.
Tujuan Khusus Agar masyarakat terutama pada anak muda
menyadari pentingnya pola dalam pembentukan peluang bisnis yang sehat.
C. Manfaat Penulisan
Adapun
manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk menyelesaikan tugas pada mata kuliah Lingkungan
Bisnis
2.
Sebagai bahan dalam memberikan sumbangan pemikiran
pada masyarakat terutama para pemuda dalam pembentukan peluang bisnis yang
sehat.
D. Metode Penulisan
Dalam
penulisan karya tulis ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan penulis
menggunakan beberapa metode penulisan sebagai berikut:
1. Studi
Kepustakaan : yaitu penulis membaca buku-buku dan kumpulan mata pelajaran yang
berkaitan dengan penelitian ini.
BAB II
ISI
A.
Pembahasan
Bisnis dalam
arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi
yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari- hari dan merupakan
suatu ruang lingkup yang dimana dalam penempatannya selalu memiliki lingkup
kesibukan untuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan
keuntungan. Dimana dalam bisnis harus memiliki konsep yang matang, agar bisnis
yang dijalankannya bisa bertahan dan terus berkembang.
B.
Tujuan Bisnis
Tujuan
bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari
bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang
diharapkan bias dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi,
pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam
jangka panjang.
Dalam jangka
panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan
konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam
bisnisnya, diantaranya:
1.
Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan
menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan
profit.
2.
Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau
jasa) serta inovasi keahlian.
3.
Physical and financial resources, perusahaan memiliki
tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan
perusahaan menjadi semakin besar dan Semakin menguntungkan.
4.
Manager performance and development, manager merupakan
orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan
organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu
memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya.
5.
Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan
jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan
perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6.
Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung
jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya
polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
C.
Aspek – Aspek Bisnis
Dalam
pelaksanaannya Bisnis memiliki beberapa aspek sebagai berikut :
1.
Kegiatan individu dan kelompok Dimana dalam
pembemtukan suatu bisnis dibagi menjadi 2 pilihan, yakni bisnis perorangan atau
bisnis perkelompok.
2.
Penciptaan nilai Terciptanya nilai melelui pelaksanaan
konsep bisnis.
3.
Penciptaan barang dan jasa Dalam bisnis pasti yang
dibicaran adalah barang dan jasa yang diberikan atau dijual, sehingga harus ada
data yang jelas tentang barang dan jasa yang dihasilkan.
4.
Keuntungan melalui transaksi Saat melakukan transaksi
harus merasa senyaman mungkin baik dari pelayanan yang ditawarkan dan juga
kesepakatan harga, dan kesepakata- kesepakatan lainnya.
D.
Fungsi Bisnis
Fungsi
bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan makroekonomi
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
a.
Pekerja / Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang
layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi
yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
b.
Dewan Komisaris Memantau kegiatan dan mengawasi
manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan .
c.
Pemegang Saham Pemegang saham memiliki kepentingan dan
tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan
2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang
terlibat secara tidak langsung
a.
Masyarakat sekitar perusahaan Memberikan kontribusi
kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
b.
Bangsa dan Negara Tanggung jawab kepada bangsa dan
negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.
E. Elemen Bisnis
a.
Modal (capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam
menjalankan kegiatan bisnis
b.
Bahan-bahan (materials) Merupakan faktor produksi yang
diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang
dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
c.
Sumber Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM : Memiliki
kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
d.
Ketrampilan Manajemen (Management Skill) Sistem
manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.
BAB III
A. KESIMPULAN
Berdasarkan
uraian dan pemaparan tentang peluang bisnis maka bisa diambil kesimpulan :
1.
Dalam membuat suatu bisnis harus memiliki konsep dasar
yang jelas.
2.
Harus memiliki SDM yang kompetitif dan berkualitas
tinggi.
3.
Bisnis yang kita bangun harus disesuaikan dengan
kebutuhan masyarakat atau konsumen.
B. SARAN
Bertolak
dari elemen bisnis dipaparkan bahwa elemen bisnis yang paling utama adalah
modal, namun dalam hal ini penulis memberi saran bahwa modal yang kita butuhkan
akan menjadi nomor keseratus jika ada impian dan tekat yang bulat. Seperti
halnya Prof. Dr. M. Suyanto, M. M. yang sukses memulai bisnis tanpa uang.
C. DAFTAR PUSTAKA
1.
M. Suyanto. 2005. smart in enterpreneur: 11 Rahasia Memulai
Bisnis tanpa Uang, penerbit ANDI, yogyakarta.
2.
M. Suyanto. 2004. smart in enterpreneur: Belajar dari
Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, penerbit ANDI, yogyakarta
No comments:
Post a Comment